Ketahui Makna Mendalam dari "Masyaallah Tabarakallah"

maulida


Ketahui Makna Mendalam dari "Masyaallah Tabarakallah"

Masya Allah tabarakallah artinya adalah ungkapan rasa kagum dan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Ungkapan ini biasa diucapkan ketika melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa, seperti kelahiran anak, kesembuhan dari penyakit, atau keberhasilan dalam suatu usaha.

Mengucapkan masya Allah tabarakallah memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  • Menambah keimanan dan rasa syukur kita kepada Allah SWT
  • Membawa keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT
  • Menjauhkan kita dari rasa iri dan dengki

Ungkapan masya Allah tabarakallah telah digunakan sejak zaman dahulu oleh umat Islam. Dalam Al-Qur’an, terdapat beberapa ayat yang menganjurkan umatnya untuk mengucapkan kalimat ini, seperti:
“Dan apabila kamu melihat nikmat dari Allah, maka janganlah kamu mengatakan: “Ini karena kepintaranku”, akan tetapi katakanlah: “Ini adalah karunia Allah” (QS. An-Nahl: 78)
“Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nahl: 18)

masyaallah tabarakallah artinya

Masya Allah tabarakallah artinya adalah ungkapan rasa kagum dan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Ungkapan ini memiliki beberapa aspek penting, yaitu:

  • Pengagungan kepada Allah SWT
  • Pengakuan atas nikmat Allah SWT
  • Rasa syukur atas nikmat Allah SWT
  • Harapan keberkahan dari Allah SWT
  • Perlindungan dari Allah SWT
  • Menjauhkan dari rasa iri dan dengki
  • Menambah keimanan

Setiap aspek dari masya Allah tabarakallah artinya memiliki makna dan tujuan tersendiri. Secara keseluruhan, ungkapan ini merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT dan wujud syukur atas segala kebaikan yang telah diberikan-Nya. Mengucapkan masya Allah tabarakallah secara ikhlas dapat membawa banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Sebagai contoh, ketika kita melihat seseorang yang memiliki kelebihan atau prestasi yang luar biasa, kita bisa mengucapkan masya Allah tabarakallah. Ungkapan ini menunjukkan bahwa kita mengagumi kelebihan orang tersebut dan mengakui bahwa segala kelebihan itu berasal dari Allah SWT. Dengan mengucapkan masya Allah tabarakallah, kita juga mendoakan agar orang tersebut selalu mendapat keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Pengagungan kepada Allah SWT

Masya Allah tabarakallah artinya adalah ungkapan rasa kagum dan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Pengagungan kepada Allah SWT merupakan aspek penting dalam ungkapan ini, karena menunjukkan bahwa kita mengakui bahwa segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Allah SWT.

Dengan mengucapkan masya Allah tabarakallah, kita tidak hanya mengungkapkan rasa kagum dan syukur, tetapi juga meninggikan derajat Allah SWT. Kita mengakui bahwa Allah SWT adalah Maha Pemberi dan Maha Pengasih, yang selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya.

Pengagungan kepada Allah SWT juga memiliki implikasi praktis dalam kehidupan kita. Ketika kita mengagungkan Allah SWT, kita akan terhindar dari sikap sombong dan merasa lebih superior dari orang lain. Kita akan selalu rendah hati dan bersyukur, karena kita tahu bahwa segala sesuatu yang kita miliki adalah titipan dari Allah SWT.

Contohnya, ketika kita melihat seseorang yang memiliki kelebihan atau prestasi yang luar biasa, kita bisa mengucapkan masya Allah tabarakallah. Ungkapan ini menunjukkan bahwa kita mengagumi kelebihan orang tersebut, tetapi kita juga mengakui bahwa segala kelebihan itu berasal dari Allah SWT. Dengan demikian, kita tidak akan merasa iri atau dengki, karena kita tahu bahwa Allah SWT telah memberikan kelebihan yang berbeda-beda kepada setiap hamba-Nya.

Pengakuan atas nikmat Allah SWT

Pengakuan atas nikmat Allah SWT merupakan aspek penting dari masya Allah tabarakallah artinya. Dengan mengakui nikmat Allah SWT, kita menunjukkan bahwa kita menyadari dan bersyukur atas segala kebaikan yang telah diberikan-Nya kepada kita.

  • Nikmat lahir

    Nikmat lahir adalah segala sesuatu yang dapat kita rasakan dan nikmati dengan panca indera kita, seperti kesehatan, makanan, minuman, dan tempat tinggal. Ketika kita mengakui nikmat lahir, kita bersyukur atas segala kebaikan yang telah diberikan Allah SWT kepada kita, baik secara materi maupun non-materi.

  • Nikmat batin

    Nikmat batin adalah segala sesuatu yang dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan kepada hati kita, seperti iman, ilmu, dan amal saleh. Ketika kita mengakui nikmat batin, kita bersyukur atas segala bimbingan dan pertolongan yang telah diberikan Allah SWT kepada kita, sehingga kita dapat menjalani hidup dengan penuh makna dan keberkahan.

  • Nikmat dunia dan akhirat

    Nikmat dunia adalah segala sesuatu yang kita nikmati di dunia ini, seperti kesehatan, kekayaan, dan keluarga. Nikmat akhirat adalah segala sesuatu yang akan kita nikmati di akhirat nanti, seperti surga dan kenikmatan abadi. Ketika kita mengakui nikmat dunia dan akhirat, kita bersyukur atas segala kebaikan yang telah diberikan Allah SWT kepada kita, baik di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga :  Ketahui 7 Fakta Harga Emas 1 Gram yang Jarang Diketahui

Dengan mengakui nikmat Allah SWT, kita akan semakin bersyukur dan merasa cukup atas segala yang kita miliki. Kita akan terhindar dari sikap kufur nikmat, yaitu tidak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Kita juga akan semakin termotivasi untuk beribadah kepada Allah SWT dan berbuat baik kepada sesama.

Rasa syukur atas nikmat Allah SWT

Rasa syukur atas nikmat Allah SWT merupakan aspek penting dari masya Allah tabarakallah artinya. Dengan bersyukur atas nikmat Allah SWT, kita menunjukkan bahwa kita menyadari dan menghargai segala kebaikan yang telah diberikan-Nya kepada kita. Rasa syukur ini dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, antara lain:

  • Ucapan syukur

    Ucapan syukur adalah bentuk rasa syukur yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Kita dapat mengucapkan syukur kepada Allah SWT kapan saja dan di mana saja, baik dalam hati maupun lisan. Ucapan syukur dapat dilakukan dengan berbagai kalimat, seperti “Alhamdulillah” (segala puji bagi Allah), “Syukur alhamdulillah” (terima kasih kepada Allah), dan “Jazakumullah khairan” (semoga Allah membalas kebaikanmu).

  • Tindakan syukur

    Selain ucapan syukur, kita juga dapat menunjukkan rasa syukur kita melalui tindakan. Tindakan syukur adalah segala sesuatu yang kita lakukan untuk memuliakan Allah SWT dan bermanfaat bagi sesama. Beberapa contoh tindakan syukur antara lain beribadah, bersedekah, membantu orang lain, dan menjaga lingkungan hidup.

  • Sikap syukur

    Sikap syukur adalah sikap hati yang selalu merasa cukup dan menerima segala sesuatu yang diberikan Allah SWT dengan lapang dada. Orang yang memiliki sikap syukur tidak akan pernah merasa iri atau dengki terhadap orang lain, karena mereka percaya bahwa Allah SWT telah memberikan yang terbaik untuk setiap hamba-Nya.

Dengan bersyukur atas nikmat Allah SWT, kita akan semakin merasa bahagia dan bersyukur. Kita akan terhindar dari sikap kufur nikmat, yaitu tidak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Kita juga akan semakin termotivasi untuk beribadah kepada Allah SWT dan berbuat baik kepada sesama.

Harapan keberkahan dari Allah SWT

Harapan keberkahan dari Allah SWT merupakan salah satu aspek penting dari masyaallah tabarakallah artinya. Keberkahan adalah segala sesuatu yang membawa kebaikan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Dengan mengucapkan masyaallah tabarakallah, kita tidak hanya mengungkapkan rasa kagum dan syukur atas nikmat Allah SWT, tetapi juga berharap agar nikmat tersebut membawa keberkahan bagi kita dan orang-orang di sekitar kita.

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu berharap keberkahan dari Allah SWT. Pertama, keberkahan dapat membuat nikmat yang kita miliki menjadi lebih bermanfaat dan bermakna. Misalnya, jika kita memiliki kesehatan yang baik, kita dapat menggunakan kesehatan tersebut untuk beribadah kepada Allah SWT dan berbuat baik kepada sesama. Dengan begitu, kesehatan yang kita miliki akan menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

Kedua, keberkahan dapat melindungi nikmat yang kita miliki dari berbagai gangguan dan bencana. Misalnya, jika kita memiliki harta yang banyak, kita dapat berdoa kepada Allah SWT agar harta tersebut selalu dijaga dan diberkahi. Dengan begitu, harta yang kita miliki akan terhindar dari pencurian, kebakaran, atau bencana lainnya.

Ketiga, keberkahan dapat menarik nikmat-nikmat lainnya dari Allah SWT. Misalnya, jika kita bersyukur atas nikmat yang kita miliki dan selalu berharap keberkahan dari Allah SWT, maka Allah SWT akan menambahkan nikmat-nikmat lainnya kepada kita. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7: “Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu berharap keberkahan dari Allah SWT atas segala nikmat yang kita miliki. Dengan berharap keberkahan, kita menunjukkan bahwa kita menyadari bahwa segala nikmat yang kita miliki berasal dari Allah SWT dan kita mengharapkan agar nikmat tersebut membawa kebaikan dan manfaat bagi kita dan orang-orang di sekitar kita.

Baca Juga :  Intip 7 Hal Penting Tentang Hari Ibu Tanggal yang Jarang Diketahui

Perlindungan dari Allah SWT

Perlindungan dari Allah SWT merupakan aspek penting dari masyaallah tabarakallah artinya. Dengan mengucapkan masyaallah tabarakallah, kita tidak hanya mengungkapkan rasa kagum dan syukur atas nikmat Allah SWT, tetapi juga memohon perlindungan-Nya dari segala bentuk bahaya dan bencana.

  • Perlindungan dari musibah

    Musibah adalah segala sesuatu yang menimpa manusia dan menimbulkan kerugian atau penderitaan, seperti bencana alam, kecelakaan, atau penyakit. Dengan memohon perlindungan dari Allah SWT, kita berharap agar Allah SWT melindungi kita dari segala musibah dan marabahaya.

  • Perlindungan dari gangguan setan

    Setan adalah makhluk yang selalu berusaha menyesatkan manusia dan mengajaknya berbuat maksiat. Dengan memohon perlindungan dari Allah SWT, kita berharap agar Allah SWT melindungi kita dari gangguan setan dan godaannya.

  • Perlindungan dari kejahatan manusia

    Kejahatan adalah segala sesuatu yang merugikan atau menyakiti orang lain, seperti pencurian, pembunuhan, dan penganiayaan. Dengan memohon perlindungan dari Allah SWT, kita berharap agar Allah SWT melindungi kita dari kejahatan manusia dan segala bentuk penganiayaan.

  • Perlindungan dari fitnah

    Fitnah adalah segala sesuatu yang dapat merusak nama baik atau reputasi seseorang. Dengan memohon perlindungan dari Allah SWT, kita berharap agar Allah SWT melindungi kita dari fitnah dan segala bentuk tuduhan palsu.

Dengan memohon perlindungan dari Allah SWT, kita menunjukkan bahwa kita menyadari bahwa kita adalah makhluk yang lemah dan tidak berdaya. Kita membutuhkan perlindungan Allah SWT dari segala bentuk bahaya dan bencana. Dengan memohon perlindungan dari Allah SWT, kita juga menunjukkan bahwa kita percaya bahwa Allah SWT adalah Maha Pelindung dan Maha Penjaga.

Menjauhkan dari rasa iri dan dengki

Ucapan masyaallah tabarakallah dapat menjauhkan kita dari rasa iri dan dengki. Rasa iri dan dengki adalah dua sifat tercela yang dapat merusak hati dan pikiran kita. Orang yang iri dan dengki selalu merasa tidak puas dengan apa yang dimilikinya dan selalu membandingkan dirinya dengan orang lain. Mereka merasa tidak senang ketika orang lain mendapatkan nikmat atau keberuntungan.

  • Mengenali nikmat Allah SWT

    Ketika kita mengucapkan masyaallah tabarakallah, kita mengakui bahwa segala nikmat yang kita miliki berasal dari Allah SWT. Kita menyadari bahwa Allah SWT adalah Maha Pemberi dan Maha Pengasih, yang selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Dengan demikian, kita akan merasa cukup dan bersyukur atas segala yang kita miliki, sehingga tidak ada ruang untuk rasa iri dan dengki.

  • Mendoakan kebaikan untuk orang lain

    Ketika kita mengucapkan masyaallah tabarakallah, kita tidak hanya mengungkapkan rasa kagum dan syukur atas nikmat yang kita miliki, tetapi juga mendoakan kebaikan untuk orang lain. Kita berharap agar orang lain juga mendapatkan nikmat dan keberkahan dari Allah SWT. Dengan demikian, kita akan terhindar dari sifat dengki dan selalu mendoakan kebaikan untuk semua orang.

  • Memperbanyak dzikir dan ibadah

    Dzikir dan ibadah dapat membantu kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjauhkan diri dari sifat-sifat tercela, seperti iri dan dengki. Ketika kita memperbanyak dzikir dan ibadah, hati kita akan menjadi lebih tenang dan tentram, sehingga kita tidak mudah terpengaruh oleh perasaan negatif. Selain itu, dzikir dan ibadah juga dapat membantu kita untuk lebih bersyukur atas nikmat yang kita miliki, sehingga kita tidak akan merasa iri atau dengki terhadap orang lain.

Dengan mengucapkan masyaallah tabarakallah secara ikhlas dan istiqomah, kita dapat menjauhkan diri dari rasa iri dan dengki. Kita akan menjadi pribadi yang lebih bersyukur, rendah hati, dan selalu mendoakan kebaikan untuk semua orang.

Menambah keimanan

Mengucapkan masyaallah tabarakallah dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Keimanan adalah keyakinan yang mendalam terhadap keberadaan Allah SWT, sifat-sifat-Nya, dan segala sesuatu yang telah ditetapkan-Nya. Keimanan merupakan dasar dari segala amal ibadah dan menjadi penentu kebahagiaan kita di dunia dan akhirat.

Dengan mengucapkan masyaallah tabarakallah, kita mengakui bahwa segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Allah SWT. Kita menyadari bahwa Allah SWT adalah Maha Pemberi dan Maha Pengasih, yang selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Dengan demikian, kita akan semakin yakin dan percaya kepada Allah SWT, sehingga keimanan kita pun akan semakin bertambah.

Baca Juga :  Intip 7 Hal Penting tentang Kode Dana BCA yang Bikin Kamu Penasaran

Selain itu, mengucapkan masyaallah tabarakallah juga dapat membantu kita untuk lebih bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Rasa syukur akan membuat kita semakin menyadari akan kebesaran dan kemurahan hati Allah SWT, sehingga keimanan kita pun akan semakin kuat.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengamalkan mengucapkan masyaallah tabarakallah ketika melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa, seperti kelahiran anak, kesembuhan dari penyakit, atau keberhasilan dalam suatu usaha. Dengan membiasakan diri mengucapkan masyaallah tabarakallah, kita dapat melatih diri kita untuk selalu bersyukur dan mengingat Allah SWT dalam setiap keadaan. Hal ini akan membantu kita untuk meningkatkan keimanan kita dan menjadi pribadi yang lebih baik.


FAQ tentang masyaallah tabarakallah artinya

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang masyaallah tabarakallah artinya:

Pertanyaan 1: Apa arti dari masyaallah tabarakallah?

Jawaban: Masyaallah tabarakallah adalah ungkapan rasa kagum dan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan.

Pertanyaan 2: Kapan sebaiknya mengucapkan masyaallah tabarakallah?

Jawaban: Masyaallah tabarakallah sebaiknya diucapkan ketika melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa, seperti kelahiran anak, kesembuhan dari penyakit, atau keberhasilan dalam suatu usaha.

Pertanyaan 3: Apa manfaat mengucapkan masyaallah tabarakallah?

Jawaban: Mengucapkan masyaallah tabarakallah memiliki banyak manfaat, di antaranya menambah keimanan, rasa syukur, menjauhkan dari rasa iri dan dengki, serta mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengamalkan masyaallah tabarakallah dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban: Kita dapat mengamalkan masyaallah tabarakallah dengan membiasakan diri mengucapkan ungkapan ini ketika melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa. Selain itu, kita juga dapat mengamalkannya dengan selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Demikian beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang masyaallah tabarakallah artinya. Semoga bermanfaat.

Catatan:

  • Ucapan masyaallah tabarakallah sebaiknya diucapkan dengan ikhlas dan penuh penghayatan.
  • Mengucapkan masyaallah tabarakallah tidak terbatas pada waktu dan tempat tertentu.
  • Dengan membiasakan diri mengucapkan masyaallah tabarakallah, kita dapat meningkatkan keimanan dan rasa syukur kita kepada Allah SWT.


Tips terkait masyaallah tabarakallah artinya

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengamalkan masyaallah tabarakallah artinya dalam kehidupan sehari-hari:

Tip 1: Biasakan diri untuk mengucapkan masyaallah tabarakallah
Biasakan diri untuk mengucapkan masyaallah tabarakallah setiap kali melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa. Misalnya, ketika Anda melihat anak yang baru lahir, Anda bisa mengucapkan masyaallah tabarakallah sebagai bentuk rasa kagum dan syukur atas karunia Allah SWT.

Tip 2: Renungkan makna dari masyaallah tabarakallah
Setiap kali Anda mengucapkan masyaallah tabarakallah, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan maknanya. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Allah SWT dan kita harus selalu bersyukur atas nikmat-Nya.

Tip 3: Amalkan rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari
Selain mengucapkan masyaallah tabarakallah, amalkan juga rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari. Bersyukurlah atas setiap nikmat yang telah diberikan Allah SWT, baik itu nikmat kesehatan, keluarga, atau rezeki.

Tip 4: Jauhi sifat iri dan dengki
Sifat iri dan dengki hanya akan membuat hati kita menjadi kotor dan tidak tenang. Jauhi sifat-sifat tersebut dan selalu mendoakan kebaikan untuk orang lain. Ingatlah bahwa Allah SWT telah memberikan rezeki dan nikmat yang berbeda-beda kepada setiap hamba-Nya.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, kita dapat meningkatkan keimanan dan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Kita juga dapat menjauhkan diri dari sifat-sifat tercela dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Kesimpulannya, masyaallah tabarakallah artinya adalah ungkapan rasa kagum dan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Dengan mengamalkan masyaallah tabarakallah artinya dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat meningkatkan keimanan, rasa syukur, dan menjadi pribadi yang lebih baik.


Kesimpulan tentang masyaallah tabarakallah artinya

Masyaallah tabarakallah adalah ungkapan rasa kagum dan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Ungkapan ini memiliki makna yang sangat dalam dan memiliki banyak manfaat bagi kita, di antaranya menambah keimanan, rasa syukur, menjauhkan dari rasa iri dan dengki, serta mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Dengan mengamalkan masyaallah tabarakallah dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan bertakwa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita biasakan diri untuk mengucapkan masyaallah tabarakallah setiap kali melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa. Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Terbaru